Senin, 21 Oktober 2013

Konspirasi Ganja : Tanaman Multi Manfaat Yang Dilarang!

Kalian tahu Ganja (atau Marijuana) ? Bagi yang belum tahu apa itu Ganja, Marijuana ataupun Cannabis ini saya kasih tahu (capedeh…). Definisi Ganja (Cannabis sativa, Cannabis indica) adalah (saya ambil dari wikipedia) tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya, tetrahidrokanabinol (THC, tetra-hydro-cannabinol) yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab). Pernah tahukah kalian kalau kegunaan dari tanaman tersebut sangat banyak dan beredar luas dan legal dibeberapa negara didunia beberapa ratus tahun silam ? Dan benarkah klaim tanaman tersebut sebagai salah satu obat-obatan (tanaman) terlarang adalah sebuah konspirasi ?
Beberapa statement mengatakan kalau sebenarnya Ganja tidak sepenuhnya bahaya bagi tubuh dan pikiran manusia. Ganja diperkirakan lebih berbahaya bagi perusahaan minyak, alkohol, penghasil bahan kimia dalam jumlah besar, dan juga perusahaan rokok (berbahan baku tembakau). Kenapa bisa seperti itu ? mari kita lihat penjelasannya dibawah ini.
Diperkirakan, daun ganja memiliki sekitar 25.000 kegunaan. Makanan, cat, bahan bakar, bahan baku pembuatan pakaian dan masih banyak lagi, semuanya bisa menggunakan daun terlarang tersebut. Beberapa jenis mobil-pun hingga hari ini telah dibuat juga memiliki unsur ganja dalam pembuatannya.
Salah satu peninggalan tertua peradaban industri manusia, ditemukan di Mesopotamia kuno sekitaran tahun 8000 Sebelum Masehi adalah sebuah potongan kain yang terbuat dari serat daun Marijuana. Begitu pula kertas tertua didunia, yang ditemukan Di China sekitaran tahun 2000 Sebelum Masehi juga dibuat dengan bahan yang sama. Diketahui juga pada jaman Firaun, yaitu 2500 SM, ganja juga sering dimanfaatkan dalam pembuatan Piramida besar.
Di Inggris pada abad ke-16, tepatnya pada masa pemerintahan Raja Henry VIII, terdapat sebuah peraturan dimana sang Raja akan mendenda petani yang gagal menumbuhkan satu seperempat are (acre) tanaman Ganja dari setiap 60 are dari ladang Ganja yang mereka miliki. Konon, bahkan ada satu zaman dimana selama 200 tahun orang-orang bisa membayar pajak mereka kepada negara, ‘hanya’ dengan tanaman Ganja. Hal itu terjadi di Amerika Serikat, dimana juga sekitaran tahun 1850, terdapat lebih dari 8300 pertanian Ganja dinegara tersebut.
Setiap 3,6 detik seseorang di dunia mati kelaparan. Biji tanaman Ganja adalah solusi yang paling bergizi dan ekonomis untuk mengakhiri kelaparan dunia. Dengan konsentrasi 80 persen dari “lemak baik”, tubuh kita perlu untuk pemeliharaan kesehatan yang baik dan protein dengan semua delapan asam amino ditambah fiber diet optimal, ganja benar-benar adalah “keseimbangan sempurna” makanan. ~ www.healing-source.com
Alam telah menyediakan nutrisi penting untuk memulihkan dan menjaga kesehatan manusia dengan optimal dalam sebuah kemasan biji yang mengandung gluten, kolesterol dan bebas gula, murni, alami, dan itu adalah biji tanaman Ganja. — sumber makanan terbaik dari protein, lemak esensial, vitamin dan enzim di planet ini. ~ www.healing-source.com
Dan masih banyak lagi (beberapa) manfaat dari “tanaman haram” tersebut, namun menurut saya cukuplah dengan sejarah singkat kegunaan dari tanaman Ganja. Sekarang masuk ke topik sebenarnya. Dari semua hal positif tadi yang saya deskripsikan timbul pertanyaan, Kenapa Ganja adalah salah satu barang berbahaya yang digolongkan sebagai Narkoba (Narkotik & Obat Terlarang)??  Berbahayakah Ganja??

Ganja Bermanfaat !

Statement bahwa tanaman Ganja berbahaya bagi tubuh dan pikiran manusia dapat dibilang adalah salah satu juga dari objek “Konspirasi Tanaman Ganja” itu sendiri. Bagaimana tidak, beberapa fakta sejarah seperti menjelaskan 180 derajat kebalikannya. Seperti yang telah ditulis diawal artikel ini bahwa Ganja lebih berbahaya bagi perusahaan minyak, alkohol, penghasil bahan kimia dalam jumlah besar, dan juga perusahaan rokok (berbahan baku tembakau) nampaknya lebih dapat diterima oleh karena fakta-fakta sejarah yang pernah terjadi mengiringi konspirasi tersebut.
Darimana kata “Marijuana” berasal? Pertengahan 1930an, kata Marijuana (ganja) diciptakan untuk merusak image baik dan sejarah fenomenal (yang telah saya tulis tadi) tentang tanaman yang bernama asli tanaman Rami (Hemp Plant). Beberapa bukti betapa Ganja itu memiliki banyak (beberapa) hal positif terpapar pada sebuah Encyclopedia Britannica yang tertulis selama 15 tahun.
  • Semua buku sekolah dibuat dengan bahan dasar tanaman Ganja sampai pada tahun 1880an. ~ Hemp Paper Reconsidered, Jack Frazier, 1974.
  • Adalah hal legal untuk membayar pajak dangan tanaman Hemp diAmerika dari tahun 1631 hingga awal – awal 1880. ~ LA Times, Aug. 12, 1981.
  • Menolak untuk menanam tanaman Hemp di Amerika selama abad 17 dan 18 MELAWAN HUKUM! Anda dapat dipenjara di Virginia karena menolak untuk menanam ganja pada 1763-1769. ~ Hemp in Colonial Virginia, G. M. Herdon.
  • Selama ribuan tahun, 90% dari semua kapal layar dan tali dibuat dari ganja. ‘Kanvas’ berasal dari bahasa Belanda yang artinya Ganja. ~ Webster’s New World Dictionary.
  • Pada tahun 1916, Pemerintah Amerika Serikat memperkirakan bahwa pada tahun 1940-an semua kertas akan datang dari ganja dan pohon yang tidak lagi perlu ditebang. Pemerintah studi melaporkan bahwa 1 Acre ganja sama dengan 4,1 hektar pohon. ~ Departemen Pertanian Amerika.
  • Mechanical Engineering Magazine (Feb. 1938) menerbitkan sebuah artikel berjudul ‘The Most Profitable and Desirable Crop that Can be Grown.” Ia menyatakan bahwa jika ganja diusahakan menggunakan teknologi Abad ke-20, itu akan menjadi tanaman pertanian terbesar di AS dan seluruh dunia.
Budidaya tanaman Hemp dan pemroduksiannya tidak merugikan lingkungan. Buletin USDA # 404 menyimpulkan bahwa ganja menghasilkan 4 kali lebih banyak ampas dengan setidaknya 4 sampai 7 kali kurang dari segi polusi.  Popular Mechanics, Feb. 1938 mengatakan :
Tanaman ini memiliki musim tumbuh yang cukup pendek. Dia juga bisa tumbuh di hampir semua negara didunia. Akarnya yang panjang akan masuk jauh kedalam tanah dan juga memiliki efek untuk menyuburkan tanah untuk musim tanam selanjutnya. Ganja, tanaman baru ini dapat menambah kaya ragam dari jenis agri-culture dan industri Amerika.

Konspirasi Ganja / Marijuana !

Andrew Mellon menjadi Hoover’s secretary of treasury (Menteri Keuangan) dan Investor utama Dupont’s. Dia menunjuk keponakannya Harry J. Anslinger sebagai Kepala Biro Federal Bidang Narkotik dan Drugs (obat-obatan terlarang).
Sebuah pertemuan rahasia dilakukan oleh para kaum konglomerat/elite. Tanaman Hemp dinyatakan berbahaya bagi mereka dan menjadi ancaman kepada investasi Milyaran Dollar perusahaan mereka. Untuk menjaga keutuhan dinasti mereka, maka Tanaman Hemp harus dibuang jauh-jauh. Orang-orang ini menggunakan kata makian dari Mexico yaitu “Marihuana” dan terus mendorong untuk menggugah kesadaran Amerika.

Manipulasi Media

Seperti beberapa teori konspirasi lainnya, dalam kasus ini juga media berperan sangat besar dalam perjalanannya. Pembunuhan karakter begitu kental dan dilakukan dengan rapi. Akhir 1920an hingga 1930an, Koran Hearst’s dengan gencarnya menyuarakan “kengerian” dari Marijuana. Akhirnya pada masa itu banyak media massa lainnya memuat berita tersebut sebagai headline. Kemudian juga muncul film – film seperti Reefer Madness (1936), Marihuana: Assassin of Youth (1935), Marihuana: The Devil’s Weed (1936) adalah beberapa cara propaganda lainnya yang nampak sengaja menciptakan Ganja sebagai ‘musuh’. Tujuannya? Mungkin untuk meminta restu dari publik demi meluluskan Undang-undang Anti Ganja.

Reefer Madness Movie

Salah satu poster film Reefer Madness
Beberapa quote yang diambil dari film Reefer Madness berikut menggambarkan bagaimana propaganda film membuat Ganja sebagai tanaman yang menakutkan begitu kental bahkan sangat berlebihan ;
“Narkotik kekerasan”
“Kegilaan yang tak tersembuhkan”
“Efek Menghancurkan Jiwa”
“Dibawah pengaruh drugs, dia membunuh seluruh keluarganya dengan kapak”
“Lebih ganas, bahkan lebih mematikan daripada obat – obatan yang merusak jiwa (seperti Heroin atau kokain), itulah ancaman dari Ganja”
Akhir dari film ini juga tidak seperti ending film masa itu pada umumnya. Konklusi film tersebut memampang poster yang bertuliskan “TELL YOUR CHILDREN!” pada penutupnya. Film yang diproduksi pertama kali pada tahun 1936 itu, banyak disebut sebagai “American Propaganda Exploitation Film ” karena kontroversinya mengumbar betapa menakutkannya Marijuana.

The Wonder Plant !


Tanaman Hemp memiliki serat yang lebih tinggi daripada serat kayu biasa. Menggunakan ganja sebagai bahan baku membuat kertas lebih mengurangi penggunaan bahan kimia kaustik daripada menggunakan serat kayu pepohonan. Kertas dari tanaman hemp lebih tahan lama dan tidak mudah menguning.
SEMUA PRODUK PLASTIK “SEHARUSNYA” DIBUAT DENGAN BAHAN DASAR MINYAK TANAMAN HEMP Serat tanaman hemp plastik adalah biodegradable (Plastik biodegradable adalah plastik yang dapat digunakan layaknya seperti plastik konvensional, namun akan hancur terurai oleh aktivitas mikroorganisme setelah habis terpakai dan dibuang ke lingkunganPikiran Rakyat, 24 Juli 2008). Seiring waktu, mereka (tanaman hemp) akan hancur dengan sendirinya dan kemudian tidak ikut serta dalam merugikan lingkungan. Serat dari tanaman hemp tidak akan merusak sungai seperti yang telah dilakukan perusahaan petrokimia selama ini.
GANJA “SEHARUSNYA” MENJADI TERAPI MEDIKAL BEBERAPA PENYAKIT Besarnya manfaat marijuana dalam upaya pengobatan memiliki catatan positif dan efek yang menguntungkan, diantaranya adalah: meredakan rasa mual dan muntah, stimulasi kelaparan pada kemoterapi dan pasien AIDS, menurunkan tekanan mata intraokular (terbukti efektif untuk mengobati glukoma), serta efek analgesik umum (pereda nyeri).
KELAPARAN DUNIA “SEHARUSNYA” BISA DIKURANGI Sudah menjadi rahasia umum, bahwa tanaman ganja bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan. Di Aceh, Ganja menjadi salah satu bahan dalam pembuatan dodol khas Aceh (Baca disini). Bahkan dengan zat delta-9-tetrahydrocannabinol (THC) yang terkandung didalamnya,  tanaman ganja dapat meningkatkan selera makan dan kemampuan pengecapan pada pasien kanker stadium lanjut (Baca disini).
Bahkan dalam sejarahnya, tanaman Ganja juga pernah dimanfaatkan dalam bisnis pakaian dan juga dalam industri mobil.

Mari Bersama, Kita Serukan
“Legalkan Ganja!”

Statement saya kali ini apabila dibaca oleh orang yang tidak membaca artikel saya secara keseluruhan kemungkinan akan salah persepsi. Kanada dan Belanda yang telah ‘melegalkan’ penggunaan tanaman tersebut, tetap memiliki beberapa peraturan yang tidak membebaskan secara sangat luas penggunaan (konsumsi) tanaman tersebut. Meskipun hal tersebut masih diselubungi dengan beberapa kontroversi. Meskipun dijelaskan kegunaannya tadi, zat THC (tetrahydrocannabinol) sendiri adalah zat psikoaktif yang berefek halusinasi dan ini terdapat dalam keseluruhan pada bagian tanaman ganja, baik daunnya, rantingnya, ataupun bijinya. Karena kandungan THC inilah, maka setiap orang yang menyalahgunakan ganja akan terkena efek psikoaktif yang sangat membahayakan. Namun melarangnya beredar, bahkan menganggap benda tersebut sebagai benda terlarang, hmmm… Nampaknya saya akan menunjuk tangan sebagai seseorang yang kurang setuju. Kemanakah anggapan bahwa ‘tidak ada ciptaan Yang Maha Kuasa yang tidak berguna’? Kalaupun menganggap Ganja berbahaya meskipun dengan seabrek manfaatnya, kenapa negara – negara besar berbondong – bondong membangun fasilitas Nuklir yang lebih jauh memiliki efek negatif hanya demi alibi ingin mendapatkan energi yang lebih?. Saya disini bukan mewakili para pecandu Ganja (Jujur saya bersumpah, saya belum pernah mengkonsumsi tanaman tersebut) namun, Konspirasi yang dibuat oleh suatu kekuatan dalam ‘mengasingkan’ tanaman tersebut, menggugah saya untuk menyatakan bahwa “Ganja bukanlah tanaman / obat-obatan terlarang” melainkan yang menyalah-gunakan ganjalah yang sebenarnya harus dilarang.
   
Thanks to World Mysteries , Wikipedia Cannabis , Wikipedia Reefer Madness , Indoganja
[Sumber]

0 komentar:

Posting Komentar

Please like and comment